Home » Berita Poltekim » Tabligh Akbar “Generasi Yang Berakhlakuk Qarimah”
Tabligh Akbar “Generasi Yang Berakhlakuk Qarimah”

Telah terlaksana Tabligh Akbar Gebyar Ramandhan Politeknik Imigrasi 1442 Hijriah dengan tema “Generasi yang Berakhlakul Qarimah” pada Sabtu (01/05/2021). Pukul 13.00 WIB melalui platform Zoom Meeting. Yang diikuti oleh Pejabat Politeknik Imigrasi, Pembina Politeknik Imigrasi, Komunitas Yakiin, para Alumni dan Seluruh Taruna Taruni Muslim Politeknik Imigrasi. Pada kesempatan ini menghadirkan Ustadz Subhki Al-bughury sebagai penceramah. 

Tabligh Ramadhan adalah satu program kerja yang dilaksanakan oleh Resimen Korps Taruna Politeknik Imigrasi, kegiatan ini menjadikan sebagai wadah pembentukan penambahan mental dan spiritual, mengingat nantinya Taruna dan Taruni adalah penerus bangsa. Di dalam Sambutan yang disampaikan oleh Wakil Direktur II Bapak Sohirin, mengatakan bahwa adanya kegiatan Tabligh akbar dengan tema “Generasi Berakhlakul Qarimah” menjadikan bekal kita Taruna Taruni Politeknik Imigrasi,dalam menjalankan kehidupan, menjadi generasi yang memiliki nilai-nilai bermutu tinggi. Penyampaian materi yang disampaikan nantinya menjadi pedoman keselamatan dunia akhirat.

Dalam ceramahnya, Ustadz Subhki Al-Bughury menyampaikan generasi berakhlakul qarimah adalah bagaimana menjadi seseorang yang beradab dan berakhlak kepada seluruh ciptaan Allah SWT baik itu hewan, tumbuhan, alam, manusia serta yang terpenting yakni kepada Allah SWT . Ramadhan menjadi salah satu kesempatan untuk membentuk akhlak. Dan 4 Hal yang senantiasa dikurangi dalam melaksanakan kegiatan pada bulan suci Ramadhan yaitu dengan sedikit makan, sedikit bicara, sedikir tidur dan sedikit bergaul. Banyak yang didapatkan dari berpuasa ini menundukan hati kita, mengontrol napsu. Salah satu cara Allah untuk me tarbiyah umat manusia untuk menjadi lebih baik, mengontrol diri, mengisyarakatkan untuk muhasabah diri dengan melakukan banyak tilawah, dizikir, istigfar,taubat,sedekah, dan berdoa.

Melihat kembali bagaimana cara Nabi Muhammad SAW dalam mengubah suatu kaum yang jahiliyah dengan Al-Qur’an. Al-quran merupakan sebuah petunjuk bagi umat manusia. Puasa dengan Al-quran memiliki syafaat yang sama. Jika kita ingin berakhalak mulia kita didik dengan alquran menjalani hari-hari puasa dengan ikhlas, inshallah ini akan mendidik hati kita dengan menghadiri cahaya hati. Acara Tabligh Akbar Gebyar Ramadhan ini juga disertai dengan sesi tanya jawab dan kuis. Kemudian penutupan yang dilakukan dengan doa, dipimpin oleh Ustad Subhki Al-Bughury. Besar harapannya agar kegiatan Kajian seperti ini akan selalu bisa dilaksakan selain dibulan suci Ramadhan.