Home » Berita Poltekim » Webinar IKA POLTEKIM “Peran Pejabat Imigrasi dan Pejabat Fungsional Keimigrasian Dalam Pelaksanaan Fungsi Keimigrasian”
Webinar IKA POLTEKIM “Peran Pejabat Imigrasi dan Pejabat Fungsional Keimigrasian Dalam Pelaksanaan Fungsi Keimigrasian”

Rabu, 23 Juni 2021- Ikatan Alumni Politeknik Imigrasi  menyelenggarakan webinar yang dihadiri secara langsung oleh pengurus dan Pembina IKA Poltekim di Auditorium BPSDM Kementerian Hukum dan HAM. Selain itu, webinar juga dilangsungkan secara online menggunakan platform zoom meeting dan live Youtube. Acara di pimpin oleh moderator Bapak Andry Indrady, AMD.IM, MPA, PH.D. Adapun juga narasumber pada webinar ini diisi oleh Bapak Prof.Dr. Iman Santoso, S.H., M.H., M.A. ( Ketua Ikatan Alumni Poltekim ), Bapak Cucu Koswala ( Kapusbang Tekpim), dan Bapak Aba Subagja S.Sos., MAP (Asisten Deputi Manajemen Karier dan Talenta SDM Aparatur Kemenpan RB).

Webinar dibuka dengan kata sambutan yang diberikan oleh Prof.Dr. Iman Santoso, S.H., M.H., M.A. selaku Ketua Ikatan Alumni Politeknik Imigrasi, merujuk pada pidato pertama Bapak Presiden Joko Widodo setelah terpilih kembali menjadi presiden untuk kedua kalinya, yaitu “Visi Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berdasarkan gotong royong”. Ia menyatakan bahwa “visi tersebut selaras dengan sasaran RPJMN (Rencana Pembangunan jangka Menengah Nasional) 2020-2024 yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia yang mandiri, melalui percepatan pembangunan diberbagai bidang dengan menekankan terbangunya struktur perekonomian yang kokoh berdasarkan keunggulan kompetitif di berbagai wilayah yang didukung oleh SDM berkualitas dan berdaya saing”. Bapak Iman Santoso memaparkan kata sambutan terkait dengan peran fungsional pejabat imigrasi dimana pejabat diberikan tugas dan tanggung jawab berdasarkan UU Keimigrasian.

Kemudian acara disambung dengan materi yang disampaikan oleh Bapak Cucu Koswala sebagai perwakilan dari kepala BPSDM Hukum dan Ham. Beliau menyampaikan paparannya terkait dikotomi pejabat imigrasi dan pejabat fungsional analis keimigrasian dengan menegaskan bahwa Kementrian Hukum dan HAM memiliki tantangan dan tanggung jawab besar untuk mengkoordinasi tugas dan fungsi yang berbeda dari banyaknya satuan kerja dan sumber daya manusia di imigrasi.

Pemaparan materi selanjutnya disampaikan oleh Bapak Aba Subagja, S.Sos., M.AP. dengan materi terkait pembinaan pola karir. Terdapat tiga garis besar dari materi yang disampaikan, yaitu urgensi penyederhanaan birokrasi pemerintah, transformasi pengembangan karir dalam jabatan fungsional, dan tata kelola jabatan fungsional pasca transformasi jabatan dengan prinsip dasar UU No.5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Penyederhanaan birokrasi dianggap penting dengan memperhatikan bahwa jabatan fungsional dapat menjadi basis karir bagi ASN. Selain itu, birokrasi yang sederhana dapat mempercepat pelayanan, mempercepat pengambilan keputusan, menciptakan birokrasi yang dinamis, professional, efisien dan efektif.

Selanjutnya setelah pemaparan materi ini ditutup dengan sesi diskusi dan Tanya jawab antara narasumber dengan peserta webinar. Kegiatan ini berjalan lancar dan peserta cukup antusias, serta memberikan banyak pencerahan dan informasi yang bermanfaat bagi peserta webinar.