Home » Berita Poltekim » Sidang Awal Tahun Dewan Musyawarah Taruna bersama Korps Resimen Taruna Politeknik Imigrasi Tahun 2021
Sidang Awal Tahun Dewan Musyawarah Taruna bersama Korps Resimen Taruna Politeknik Imigrasi Tahun 2021

Kamis, 15 Juli 2021- Telah dilaksanakan Sidang Awal Tahun Dewan Musyawarah Taruna bersama Korps Resimen Taruna Politeknik Imigrasi Tahun 2021 dengan tema “Bangkit dan Bersatu Bersama Dewan Musyawarah Taruna dan Korps Resimen Taruna Wujudkan Profesionalitas, Sinergitas, dan Transparansi ditengah Pandemi Covid-19”. Sidang dilangsungkan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting yang dihadiri oleh Pejabat Struktural, Pembina Politeknik Imigrasi (POLTEKIM), Anggota Dewan Musyawarah Taruna, Korps Resimen Taruna dan Fungsionaris Angkatan serta Perwakilan Taruna Politenik Imigrasi.

               

Sidang diawali dengan pembacaan tata tertib sidang oleh Kepala Dewan Musyawarah Taruna selaku Presidium Sidang dan kata sambutan dari Kepala Korps Resimen Taruna. Dalam sambutan tersebut, Kepala Resimen menyampaikan dengan adanya keterbukaan dan transparansi program kerja, diharapkan taruna dapat memahami bahwa Korps Resimen Taruna Politeknik Imigrasi tetap berkomitmen untuk menjawab kebutuhan taruna. Program kerja yang ada bertujuan untuk meningkatkan peran aktif Taruna Politeknik Imigrasi dalam mengembangkan kemampuan dan kreatifitas guna meningkatkan eksistensi Politeknik Imigrasi. Sebagai penutup sambutan, Kepala Resimen Korps Taruna mengutip perkataan yang disampaikan oleh Nelson Mandela bahwa “Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia”. Salah satu keberhasilan lembaga pendidikan politeknik imigrasi adalah peran aktif dari taruna untuk menyukseskan dan mendukung program lembaga pendidikan dalam mencapai visi dan misinya.

Setelah dilakukan pembukaan sidang oleh Kepala Dewan Musyawarah Taruna, sidang dilanjutkan dengan agenda utama yaitu pemaparan dari setiap bagian dan bidang yang ada dalam Korps Resimen Taruna. Pemaparan diawali dengan penjelasan gambaran umum dari masing masing bagian dan bidang, kemudian disambung dengan penjelasan mengenai rencana program kerja yang akan dilakukan dalam satu tahun masa jabatan. Pada akhir pemaparan, peserta sidang dipersilahkan untuk memberikan pertanyaan terkait dengan program kerja Korps Resimen Taruna.

Sidang berjalan dengan sangat baik dan lancar sesuai dengan peraturan sidang yang ada. Kritik dan saran yang saling dilontarkan, tanggapan dan pendapat yang secara terbuka dibahas dalam sidang, membuat suasana sidang menjadi hidup. Setelah dilaksanakanya diskusi dan tanya jawab, sidang ditutup dengan pidato yang disampaikan oleh Kepala Dewan Musyawarah Taruna. Pidato yang berisi bahwa sidang yang dilaksanakan ini merupakan contoh simulasi bagi taruna nantinya dalam dunia kerja. Sidang ini juga merupakan bentuk dari transparansi dan akuntabilitas Korps Resimen Taruna terhadap program kerja yang akan dilaksanakan dalam masa jabatan satu tahun kedepan.