AUDIENSI ANTARA PENGURUS PUSAT IKA POLTEKIM DENGAN DIREKTUR JENDERAL IMIGRASI

Politeknik Imigrasi

AUDIENSI ANTARA PENGURUS PUSAT IKA POLTEKIM DENGAN DIREKTUR JENDERAL IMIGRASI

June 21, 2020 poltekim 0

Jumat,19 Juni 2020 – Bapak Jhony Ginting S.H., M.H., sebagai Direktur Jendral Imigrasi yang baru dilantik beberapa waktu lalu, melakukan courtesy call sekaligus pengangkatan Pengurus Ikatan Alumni Poltekim yang bertempat di Ruang Rapat Direktur Jenderal Imigrasi Lantai 8, Jl. H.R Rasuna Said Kav. X-6 Jakarta Selatan. Kegiatan audiensi ini dihadiri oleh 13 orang pengurus pusat IKA Poltekim yaitu :

Rapat tersebut menuai hasil sebagai berikut :

  1. Dirjenim akan melakukan kooordinasi dengan Menkumham dalam rangka Pelantikan Pengurus IKAPOLTEKIM;
  2. Pembentukan Kepengurusan IKAPOLTEKIM di daerah yang disesuaikan dengan wilayah;
  3. Pembuatan kode etik Keimigrasian (exercise dan update kembali);
  4. Pembuatan TIM Revisi Undang-Undang Keimigrasian (seperti teknis PORA, keluarmasuk orang, pengelolaan data manajemen, border control, PNBP, manajemen SDM, dll) yang akan dikoordinasikan dengan Direktur Jendral Peraturan Perundang-undangan Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia;
  5. Pembuatan TIM untuk konsep Doktrin Keimigrasian dan membuat tagline Keimigrasian yang terbarukan;
  6. Serta, pembuatan sekretariat IKAPOLTEKIM dan pengadaan mobil operasional untuk IKAPOLTEKIM.

 

Dalam jalannya rapat tersebut juga disampaikan masukkan dari Bapak Indra, “Memberikan kemudahan pelayanan Keimigrasian kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berada di luar negeri khususnya dalam hal penggantian Paspor RI, hanya dalam perpanjangan masa berlaku”. Dan juga masukan dari Bapak Taswem, “Pertimbangan tunjangan kinerja para alumni Poltekim dengan cara pengusulan kepada KemenPAN-RB dengan cara transfer dari Pejabat Imigrasi menjadi Jabatan Fungsional”.

Pertemuan ini juga sekaligus menjadi sebuah ajang penegasan fungsi IKA Poltekim sebagai  patner dari Politeknik Imigrasi dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Begitupula fungsi IKA Poltekim bagi Direktorat Jendral Imigrasi, yakni sebagai patner dalaam pembahasan kebijakan strategis dan peraturan terkait keimigrasian.