WEEKLY WEBINAR 1 : BERDANSA DI BAWAH HUJAN, KEBIJAKAN IMIGRASI DARURAT DI MASA PANDEMI

Politeknik Imigrasi

WEEKLY WEBINAR 1 : BERDANSA DI BAWAH HUJAN, KEBIJAKAN IMIGRASI DARURAT DI MASA PANDEMI

May 11, 2020 poltekim 0

Dalam rangka menjaga semangat belajar Taruna/i di masa pandemik ini, Politeknik Imigrasi menyelenggarakan kegiatan webinar secara rutin yang diisi oleh para Dosen, praktisi, dan komunitas akademisi lainnya. Selain itu, webinar yang diselenggarakan setiap hari Jum’at ini juga dimaksudkan untuk memperkaya ilmu pengetahuan dan menyebarkan informasi serta kebijakan-kebijakan terbaru di bidang keimigrasian kepada masyarakat luas. Dampak positif lain dari webinar ini adalah meningkatnya interaksi akademik antara Dosen dan praktisi keimigraisian dengan para Taruna dan komunitas akademisi baik dari dalam maupun luar negeri. Saat ini Politeknik Imigrasi telah menjajaki kolaborasi dengan Flinders University untuk menghadirkan suasana mimbar akademik yang menarik dan multi perspektif.

Webinar perdana Politeknik Imigrasi yang diisi oleh Anindito R Wiraputra, Lektor pada Prodi Hukum Keimigrasian Politeknik Imigrasi kemarin berjalan lancar bahkan melebihi rencana alokasi waktu awal dari 90 menit menjadi 120 menit. Topik yang diangkat oleh pembicara pun sangat relevan dengan kondisi dan kebijakan pemerintah saat ini, termasuk di dalamnya regulasi terbaru pembatasan akses masuk bagi orang asing ke wilayah Indonesia. Ditambah dengan informasi terkini terkait perkembangan COVID19 di berbagai belahan dunia membuat diskusi semakin menarik dan mendapat respon positif dari audience.

Pemilihan dan penggunaan teori agenda setting dari John Kingdon yang dipaparkan oleh pemateri juga tepat dengan kondisi darurat seperti saat ini. Pada akhirnya, hikmah yang dapat diambil dari diskusi kali ini adalah mengenai terbukanya momentum langka (window of opportunity) bagi para policy makers, dalam hal ini Ditjen Imigrasi untuk memasukkan agenda/strategi besarnya ke dalam administrasi pemerintah pusat. Pertanyaan yang muncul kemudian adalah: akan menjadi seperti apakah kebijakan keimigrasian Indonesia pasca krisis ini berakhir? Simak kelanjutannya di WEBINAR POLTEKIM  #2 minggu depan.

Info webinar : webinar.poltekim.ac.id