FREQUENTLY ASKED QUESTIONS (FAQ)

Politeknik Imigrasi

SATUAN PENJAMINAN MUTU DAN PENGAWASAN INTERNAL (SPMPI)

 

  1. Apakah SPMPI itu?

SPMPI merupakan satuan organisasi di lingkungan Politeknik Imigrasi yang bertanggung jawab langsung kepada Direktur Politeknik Imigrasi dalam memelihara dan meningkatkan mutu Pendidikan, Pelatihan, dan Pengasuhan sehingga mampu menghasilkan profil lulusan Politeknik Imigrasi yang berintegritas dan berwawasan global sesuai visi dan misi Politeknik Imigrasi. Selain itu, SPMPI juga melaksanakan fungsi pengawasan terhadap manajemen dan evaluasi kinerja unit-unit pendukung pennyelenggaraan Pendidikan Tinggi di Politeknik Imigrasi.

  1. Apa dasar hukum pembentukan SPMPI?

Dasar hukum pembentukan organisasi SPMPI adalah Keputusan Direktur Politeknik Nomor SDM.6- 1334 .UM.02.02 TAHUN 2017 yang mengacu kepada Satuta Politeknik Imigrasi dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi serta Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

  1. Mengapa dibentuk SPMPI?

SPMPI dibentuk untuk memelihara dan meningkatkan Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Eksternal berupa akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi. Selanjutnya, Sistem Pengawasan Internal dibuat untuk memastikan unit-unit pendukung penyelenggaraan Pendidikan Tinggi di Politeknik Imigrasi berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

  1. Bagaimana SPMPI bekerja?

SPMPI bekerja dibawah kendali seorang Kepala dan dibantu Sekretaris serta gugus kendali mutu yang ditempatkan di setiap Program Studi dan Bagian Administrasi Politeknik Imigrasi.

  1. Apa output dan outcome dari organisasi SPMPI?

Output dari organisasi SPMPI adalah Dokumen Evaluasi dan Rekomendasi yang diserahkan kepada pimpinan Politeknik Imigrasi secara berkala. Adapun outcome nya adalah terpeliharanya mutu lulusan  Politeknik Imigrasi yang siap bekerja dan mengabdi kepada masyarakat.