WEEKLY WEBINAR 5 : MEMBANGUN KOMPETENSI SDM KEIMIGRASIAN MASA DEPAN

Politeknik Imigrasi

WEEKLY WEBINAR 5 : MEMBANGUN KOMPETENSI SDM KEIMIGRASIAN MASA DEPAN

May 31, 2020 poltekim 0

 

Jumat, 29 Mei 2020- telah dilaksanakan Webinar Poltekim #5 dengan mengusung tema yang cukup berbeda dari webinar-webinar sebelumnya. Jika pada webinar 1-4 topik pembahasannya tidak jauh dari persoalan keimigrasian di masa pandemi COVID19, maka pada webinar kali ini Politeknik Imigrasi menghadirkan angin baru yang memiliki andil cukup besar bagi institusi. Tema “Membangun Kompetensi SDM Keimigrasian Masa Depan” dipilih sebagai wujud konsistensi Poltekim sebagai lembaga pencetak kader-kader keimigrasian terbaik di masa mendatang. Webinar kali ini menghadirkan dua orang narasumber yang cukup dikenal di kalangan insan imigrasi, narasumber pertama yakni seorang Analis Keimigrasian Ahli Utama pada Direktorat Jendral Imigrasi, Dr. Ronny F Sompie, S.H, M.H yang juga mantan Direktur Jendral Imigrasi dan Prof. Hikmahanto Juwana, S.H, LL.M, Ph.D. seorang Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia dan Rektor Universitas Jendral Ahmad Yani yang dikenal memiliki andil besar dalam terbentuknya Akademi Imigrasi.

Kedua narasumber terlihat sangat piawai dalam menyampaikan materi terkait dengan kondisi ASN keimigrasian saat ini dan langkah-langkah yang perlu diambil guna menghasilkan kompetensi SDM Keimigrasian yang unggul di masa depan. Dr Ronny F Sompie S.H M.H mengutarakan pendapatnya bahwa kompetensi SDM Keimigrasian saat ini masih belum memadai dari kuantitas maupun kualitasnya bila dihadapkan dengan pelaksanaan TUSI Keimigrasian berdasarkan UU No 6 Tahun 21 PP No 31 Tahun 2013 dan Peraturan lain yang berlaku oleh sebab itu diperlukan revisi terhadap UU No 6 Tahun 2011 dan PP No 31 Tahun 2013 berkaitan dengan ketentuan tentang Pejabat Imigrasi dan PPNS Keimigrasian serta Pejabat Fungsional yang melaksanakan TUSI Keimigrasian dibutuhkan. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa diperlukan adanya Penguatan Diklat untuk membangun kompetensi SDM keimigrasian didukung dengan sistem pembelajaran melalui konsep Corporate University hal ini dilakukan untuk melengkapi kekurangan dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan secara klasikal.

 

Senada dengan yang disampaikan oleh Dr Ronny F Sompie S.H M.H, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H, LL.M, Ph.D juga mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi ketimpangan jumlah dan kualitas ASN Keimigrasian saat ini. Oleh sebab itu beliau memberikan saran untuk dilakukannya pengembangan terus menerus terhadap kader-kader SDM Keimigrasian dimulai dari Politeknik Imigrasi, para taruna yang nantinya akan lulus dan menduduki berbagai jabatan strategis di Imigrasi harus dibekali dengan ilmu dan keahlian yang banyak, baik umum maupun khusus sehingga akan mampu bersaing di masa yang akan datang. Perlu ditekankan bahwa kini Imigrasi harus mulai memiliki konsep bahwa pimpinan Imigrasi seyogyanya adalah orang-orang yang mengerti tentang Imigrasi, tidak lain dan tidak bukan yakni taruna-taruna inilah yang nantinya diproyesikan dapat menjadi pucuk pimpinan keimigrasian Indonesia.

Penyampaian materi yang mumpuni dan isi bahasan yang sangat menarik membuat tingginya antusiasme dari audience, pada sesi Tanya jawab terlihat banyak sekali pendapat dan pertanyaan bermunculan. Dari 268 audience yang mengikuti webinar kali ini hampir sepertiganya memberikan pendapat dan mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Dalam webinar kali ini juga turut hadir staf badan keahlian DPR RI, dimana beliau juga memberikan beberapa pertanyan dan pendapatnya tentang pembangunan SDM Keimigrasian ini.

 

Di akhir sesi sempat disinggung oleh beberapa audience terkait pengembangan Imigrasi menjadi badan independent yang kemudian kompak dijawab oleh kedua narasumber bahwa hal tersebut merupakan satu kemajuan dan perkembangan Imigrasi yang selain baik juga perlu melalui banyak pertimbangan yang lebih matang lagi kedepan, namun bukan tidak mungkin hal tersebut dapat terjadi di kemudian hari. Webinar #5 ini memang sangat menarik, khususnya bagi para taruna Politeknik Imigrasi dan Pemangku kebijakan keimigrasian karena isu yang dibahas sangat pas dan tepat guna menyiapkan ASN Keimigrasian Unggul demi membantu terwujudnya Imigrasi Emas.

Info webinar : webinar.poltekim.ac.id