TARUNA POLTEKIM RAIH PRESTASI DI YOUTH NASIONAL SCIENCE FAIR (YSNF) 2021

Politeknik Imigrasi

TARUNA POLTEKIM RAIH PRESTASI DI YOUTH NASIONAL SCIENCE FAIR (YSNF) 2021

04/20/2021 poltekim 0

 

Taruna Politeknik Imigrasi kembali menorehkan prestasi membanggakan di ajang Karya Tulis Ilmiah Youth National Science Fair (YNSF) 2021. Kontingen Politeknik Imigrasi telah berhasil membawa pulang Gold Medal dan berhasil meraih Special Award Fully Funded dalam mengikuti Event International Science Invention Fair (ISIF) 2021 dalam kategori Social Science pada Jumat, 16 April 2021. Kompetisi ini diikuti oleh 155 Tim yang berasal dari seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia

Tim Kontingen Politeknik Imigrasi melibatkan Taruna Madya Muhammad Azzam Alfarizi, Ridha Nikmatus Syahada, Lisa Arianti Kusuma Dewi dan Taruna Muda I Ketut Adi Wardana, Wisnu M Fuzi. Tim kontingen Politeknik Imigrasi didampingi oleh Sri Kuncoro Bawono, Amd.Im.,S.H.,M.PA.

Gagasan ungulan tim kontingen Poltekim adalah Inovasi digital Platform bertajuk Impact (Indonesian Migrant Worker Protection Application) Mewujudkan Perlindungan Kepastian Hukum Pekerja Migran Indonesia Sebagai Implementasi Hak Asasi Manusia. Aplikasi Impact  disusun dalam rangka melaksanakan perlindungan kepastian hukum pekerja migran Indonesia. Berbagai permasalahan pekerja migran di luar negeri dan kendala dalam proses pelaporan menjadi latar belakang penyusunan aplikasi. Dengan menggunakan aplikasi Impact, diharapkan seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) dapat melakukan pelaporan secara mudah, memahami langkah yang dapat dilakukan ketika mengalami kendala tertentu sebagai antisipasi, mengetahui transparasi pemerintah dalam penanganan isu pekerja migran, serta mengakses, mendapatkan dan memahami peraturan hukum yang berlaku di dalam suatu negara asing. Implikasi secara umum dari aplikasi Impact  sendiri ialah untuk mengakomodasi para pekerja migran untuk berkomunikasi dengan badan perlindungannya secara langsung dan memudahkan pemerintah dalam mengawasi para pekerja migran di luar negeri. Dengan demikian aplikasi Impact akan mengakomodasi kebutuhan para PMI dalam suatu sistem aplikasi untuk meningkatkan upaya perlindungan terhadap pekerja migran, baik sebelum, saat, hingga sesudah bekerja di luar negeri.

Sistem penilaian yang dilakukan oleh pihak penyelenggara untuk menentukan pemenang pada event ini, ditentukan dengan beberapa komponen nilai yang cukup ketat. Penilaian difokuskan pada 4 aspek yang berbeda yakni : abstrak karya tulis, full paper tulisan setiap finalis,, dan presentasi tanya-jawab. Bobot penilaian yang diberikan oleh juri adalah sebagai berikut : Urgency 30 %, Visibility 20 %, Relevance 30 %, Presentation 20%. Penilaian dilakukan oleh Tim Ahli dari Indonesian Young Scientist Association (IYSA). Terakhir, puncak pengumuman lomba dilakukan pada tanggal 16 April 2021 pukul 19.00 WIB melalui zoom meeting dan live pada kanal youtube penyelenggara

Ajang YNSF 2021 diselenggarakan oleh IYSA (Indonesian Young Scientist Association) dengan Science Hunter Indonesia, Malaysia Innovation Invention Creativity Association (MIICA), BUCA IMSEF  (International Music, Science, Energy, Engineering Fair). Adapun prestasi yang diperoleh:

  1. Mendapatkan Medali Emas (Gold Medal) Kategori Social Science Youth National Science Fair (YNSF) 2021
  2. Mendapatkan 3 Sertifikat Penghargaan (Gold Medal) Kategori Social Science Youth National Science Fair (YNSF) 2021
  3. Mendapatkan Special Award Fully Funded dalam Event International Science Invention Fair (ISIF) 2021