WEEKLY WEBINAR 6 : DANCING IN THE NEW NORMAL TANPA NARKOBA DAN PENGUATAN NILAI NILAI BELA NEGARA

Politeknik Imigrasi

WEEKLY WEBINAR 6 : DANCING IN THE NEW NORMAL TANPA NARKOBA DAN PENGUATAN NILAI NILAI BELA NEGARA

June 25, 2020 poltekim 0

Rabu, 24 Juni 2020- telah dilaksanakan Webinar Poltekim #6 dengan mengusung tema “Dancing In The New Normal Tanpa Narkoba dan Penguatan Nilai Nilai Bela Negara”. Webinar kali ini menghadirkan dua orang narasumber yaitu Dr.dr. Diah Setia Utami Sp. KJ, MARS selaku Widyaiswara Ahli Utama PPSDM BNN dan Andry Indrady Amd.Im, MPA, Ph.D selaku Wakil Direktur I Politeknik Imigrasi dan Wisesa Utama Bela Negara Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) Republik Indonesia. Webinar ke enam ini menghadirkan lebih dari 250 audience.

Dr.dr. Diah Setia Utami Sp.KJ, MARS menyampaikan materi tentang Kesehatan Mental dan Penyalahgunaan Narkoba Dalam Pandemi Covid-19. Ibu Diah menjelaskan tentang kebijakan pemerintah selama pandemik Covid-19 dan dampak dari adanya kebijakan tersebut. Dampak dari kebijakan itu orang orang pasti akan merasa sangat bosan dan mudah stress karena pekerjaan yang terhambat dan aktivitas yang tidak bisa dilakukan dimasa pandemik ini. Individu/manusia akan mudah stress dan distress, stres dalam hal gangguan mental sepert kecemasan, depresi, gangguan psikomatis (merasa seperti sakit), gangguan mental (merasa tidak nyaman, kepanikan dan ketakutan dalam pandemik), gangguan emosional, dapat berujung pada penggunaan narkoba dalam pelampiasan stress manusia tersebut.

Oleh karena itu, untuk mencegah kecemasan pada masa pandemi ini, yang harus dilakukan masyarakat adalah harus menghadapinya dengan tenang, menerima informasi yang valid (tidak semua informasi benar) agar tidak mempengaruhi kesehatan mental, memanfaatkan waktu – waktu dalam msa pandemi ini dengan kegiatan yang positif seperti banyak bercengkrama dengan keluarga, dan berpikiran positif. Apabila manusia berpikiran negatif maka akan mempengaruhi kesehatan mental dan imunitas tubuh akan menurun.

 

Andry Indrady Amd.Im, MPA, Ph.D menyampaikan materi tentang Paradigma Indonesia Optimis Sebagai Bentuk Bela Negara. Bapak Andry menjelaskan rasa bela negara dimasa pandemik Covid-19 ini sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan dan ekonomi bangsa Indonesia. Rasa bela negara yang dimaksud adalah rasa optimis dalam menghadapi permsalahan pandemic yang sedang melanda Indonesia. Polarisasi informasi melalui media cenderung mengarah kepada perpecahan “bad news is good news!”. Munculnya Politik Identitas, budaya eksklusif “saya ketimbang kita”. Hal ini akan menimbulkan efek negatif pada kesehatan mental setiap manusia yang saat ini sedang berjuang menghadapi masalah ekonomi dan kesehatan saat ini.

Oleh karena itu hal yang perlu dilakukan adalah dengan mewujudkan semangat mewujudkan negara yang berdaulat, adil dan makmur. Mindset positif sangat dibutuhkan dalam menhadapi masa sulit seperti saat ini. “Negative mind resulting negative character, Positive mind resulting positive character” dan karakter optimis adalah karakter bela negara. Optimisme sebagai “Driver” Perubahan besar dalam segala sesuatu.

Di akhir sesi terjadi tanya jawab audience dengan narasumber yang begitu interaktif. Webinar kali ini memiliki manfaat untuk kita sebagai masyarakat yang sedang dalam situasi pandemik Covid 19 dan New Normal. Semoga webinar selanjutnya dapat memberikan materi dan topik yang lebih menarik untuk  masyarakat.

Informasi lebih lanjut : http://webinar.poltekim.ac.id/